Kodim Klaten Ikuti Apel Pergeseran Pasukan PAM Pilkades Di Polres Klaten

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Kodim Klaten Ikuti Apel Pergeseran Pasukan PAM Pilkades Di Polres Klaten

Berita Militer
Selasa, 08 Oktober 2019

Kodim Klaten Ikuti Apel Pergeseran Pasukan PAM Pilkades Di Polres Klaten

Klaten - Kodim Klaten Ikuti Apel Pergeseran Pasukan PAM Pilkades Di Polres Klaten | Ratusan personel gabungan Kodim 0723 Klaten dan Polres Klaten serta Linmas yang akan mengamankan pencoblosan Pilkades Serentak Tahap III Kab. Klaten melaksanakan apel pergeseran pasukan di Mapolres Klaten. Apel yang dilaksanakan dipimpin langsung oleh Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo SIK MIK, Selasa (8/10/19).

Dari sekian ratus personel yang mengikuti apel, diantaranya adalah pasukan BKO Brimob dan Dalmas Sabhara Polda Jateng. Mereka berbaris disamping personel Kodim 0723/Klaten yang juga akan memperkuat pengamanan pilkades serentak. Untuk para perwira baik TNI dan Polri bergabung menjadi 1 pleton tersendiri di depan peserta apel.

Kapolres Klaten mengawali arahannya dengan menyampaikan terimakasih kepada rekan-rekan Kodim Klaten, Polda Jateng dan juga Pemda yang telah menerjunkan personelnya untuk bersama-sama turun mengamankan pesta demokrasi ini.

" Laksanakan tugas dengan ikhlas, keberhasilan pengamanan ini akan dirasakan juga oleh keluarga kita, " harap Kapolres

Kapolres juga menyampaikan bahwa konsep pengamanan yang dilaksanakan yaitu dengan mengedepankan pencegahan. Setiap anggota diminta memberikan himbauan kepada calon kades maupun tim sukses agar mengendalikan massanya dan menjaga situasi tetap adem ayem. Masalah sekecil apapun diminta segera diselesaikan mulai dari tingkat bawah, jangan sampai timbul konflik yang lebih besar.

Beberapa penekanan juga disampaikan Kapolres terkait teknis pengamanan. Dirinya mengintruksikan kepada personel pengamanan agar mulai sore ini sampai besok tidak ada yang meninggalkan lokasi yang telah disprinkan. Sedikit kelonggaran diberikan jika personel ada urusan keluarga yang sangat-sangat urgen.

" Wajib ijin pimpinan, agar bisa digantikan dengan personel yang lain." ujarnya.

Masalah senpi juga disinggung Kapolres. Dirinya meminta para pemegang senpi dinas agar menggudangkan senpinya mulai sore ini. Hanya alat pengendali massa yang diperkenankan dibawa. Para personel pengamanan selanjutnya diminta menghindari hal-hal yang justru merugikan nama baik institusi dan menimbulkan ekses-ekses pribadi.

"Keberhasilan tugas kita besok, yang utama adalah karena ridho Allah. Mari sama-sama berdoa demi kelancaran semuanya." ujarnya menutup arahan.

Pilkades serentak tahap 3 Kab. Klaten akan dilaksanakan di 77 desa. Pengamanannya menggunakan pola 1 TPS dijaga 3 Polri, 1 TNI dan 2 linmas untuk TPS tidak rawan. Namun untuk TPS rawan menggunakan pola 1 TPS dijaga 5 Polri, 2 TNI dan 2 Linmas. Untuk pola backup pasukan, wilayah Klaten akan dibagi menjadi 6 rayon yang masing-masing rayon terdiri dari 4 wilayah Polsek. Setiap rayon nantinya akan distandby-kan pasukan yang bisa cepat digerakkan jika terjadi gangguan keamanan. Kodim Klaten.

cetak agenda surabaya