Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Kita Indonesia Kita Pancasila Kabupaten Klaten

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Kita Indonesia Kita Pancasila Kabupaten Klaten

Berita Militer
Sabtu, 01 Juni 2019


Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Kita Indonesia Kita Pancasila Kabupaten Klaten

 


Klaten -  Bertempat di alun-alun Kabupaten Klaten telah berlangsung Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Kita Indonesia Kita Pancasila,  sebagai Komandan Upacara  AKP Edi S Kasat Sabara Polres klaten, Perwira Upacara Kapten Cba Maliyana Danramil 19 Trucuk dan selaku Irup Hj Sri Mulyani Bupati Klaten, dengan peserta upacara lebih kurang 800 orang, Sabtu (01/06/19).

 

Upacara dihadiri oleh pejabat tinggi Kabupaten Klaten diantaranya Hj. Sri Mulyani Bupati Klaten, Letkol Inf Eko Setyawan SE Dandim 0723/Klaten, AKBP Aries Andhi SIK, Msi Kapolres Klaten, Mayor Inf Suparjo Wadan Dodiklatpur Rindam IV/Dip, Dra Nurwahton S.H. M.H. Kepala Pengadilan Agama klaten, Drs. Jaka Sawaldi, MM Sekretaris Daerah Kab Klaten ,para Asisten dan Kepala Dinas serta Staf Ahli Pemkab Klaten.

 

Dalam sambutan Plt. Kepala Pembinaan Ideologi Pancasila Indonesia RI yang di sampaikan Hj Sri Mulyani Bupati Klaten menyampaikan Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.  

 


Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi  dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan "Bhinneka Tunggal Ika". 

 

" Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari  momentum perumusan "Piagam Jakarta" oleh "Panitia kecil" tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. Jadi tiga peristiwa penting tersebut  merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, "  imbuhnya.

 


Setelah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila seluruh Frokompimda dan peserta upacara bersama sama mengucapkan deklarasi "Kita Indonesia Kita Pancasila".(Kodim Klaten IT)

cetak agenda surabaya