Apel Patroli Pengawasan Pemilu, Dandim Madiun Siap Besinergi Dengan Polri Amankan Pemilu Serentak 2019

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Apel Patroli Pengawasan Pemilu, Dandim Madiun Siap Besinergi Dengan Polri Amankan Pemilu Serentak 2019

Berita Militer
Sabtu, 13 April 2019
Berita Militer Madiun, Menjelang masa Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Madiun menggelar Apel Patroli Pengawasan Anti Politik Uang dalam rangka Pemilu Pileg dan Pilpres 2019 dengan tema "Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu" di Lapangan Desa Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jumat (11/4/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Madiun Nur Anwar, SH., dalam sambutannya menyampaikan, Bawaslu adalah lembaga negara yang memiliki tugas dalam pengawasan pemilihan umum, dengan pendekatan, pencegahan dan penindakan.



"Hal ini karena Pemilu serentak 2019 merupakan mekanisme pemilihan yang menyertakan keterlibatan publik yang tidak hanya memilih calon legislatif pusat, daerah dan perwakilan daerah, tetapi juga penilaian yang komprehensif memilih calon presiden dan wakil presiden secara bersamaan," tegasnya.

Apel Patroli Pengawasan Pemilu

"Pemilu Serentak 2019 merupakan pengalaman baru bagi perjalanan demokrasi Indonesia, melalui persiapan serius, hati-hati, dan komprehensif, penyelenggara Pemilu, termasuk Bawaslu Kabupaten Madiun, melaksanakannya secara saksama. Oleh karena salah satu tugas Bawaslu adalah melakukan penilaian yang komprehensif atas potensi pelanggaran dan kerawanan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019."



"Pada hari ini keluarga besar Bawaslu secara nasional melaksanakan apel patroli pengawasan sebagai tanda kesiapan untuk mengawasi, melalui apel patroli pengawasan anti politik uang, kita tidak sekadar melakukan pengawasan tetapi sekaligus menjadikan momentum ini sebagai kesempatan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Madiun," katanya.





Lebih lanjut, Komandan Kodim 0803/Madiun usai melaksanakan apel patroli pengawasan Pemilu saat ditemui mengatakan, menyambut baik pelaksanaan apel siaga dan patroli pengawasan ini. Menurutnya, Kodim 0803/Madiun siap bersinergi dengan Polri dalam mengamankan pemilu serentak tanggal 17 April 2019.

"Kita siap membantu Polri menjaga Kamtibmas dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2019 agar berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Bawaslu mengawasi pelaksanaan jalannya pemilu, kita melakukan pengamanan kegiatan pelaksanaan Pemilu, ini sudah punya tugas pokok masing-masing,” ujar Dandim Madiun
cetak agenda surabaya