Bantu Bajak Sawah Petani Sangat Efektif Bagi Babinsa Tulung Untuk Dekat Dengan Rakyat

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Bantu Bajak Sawah Petani Sangat Efektif Bagi Babinsa Tulung Untuk Dekat Dengan Rakyat

Jumat, 10 Mei 2019


Klaten | Bantu Bajak Sawah Petani Sangat Efektif Bagi Babinsa Tulung Untuk Dekat Dengan Rakyat

 


Babinsa Desa Majegan Koramil 16/Tulung Kodim 0723/Klaten Sertu Triyono melaksanakan pendampingan terhadap petani membajak sawah,  Sertu Triyono mengungkapkan, pembajakan ini dilakukan dalam rangka percepatan tanam berikutnya dengan menggunakan traktor pada lahan seluas kurang lebih 1.800 m  milik Sartono yang terletak di Dukuh Sisiran, Desa Majegan, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Kamis (9/5/2019).

 

Pengolahan menggunakan traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami, karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan gembur, terang Sertu Triyono.

 


" Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air," ujar Babinsa.

 

Babinsa menambahkan, pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Galengan (pematang) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional.(RKp)