Babinsa Cawas Bersama PPL, Poktan Karya Tani dan Bakti Tani Adakan Penyemprotan Massal Tanaman Padi

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Babinsa Cawas Bersama PPL, Poktan Karya Tani dan Bakti Tani Adakan Penyemprotan Massal Tanaman Padi

Sabtu, 18 Mei 2019

Klaten - Babinsa Cawas Bersama PPL, Poktan Karya Tani dan Bakti Tani Adakan Penyemprotan Massal Tanaman Padi


Babinsa Koramil 20 Cawas Serma Saroni bersama PPL Lidia Nitasari bantu Petani Desa Barepan adakan penyemprotan Masal atasi tanaman padi yang tumbuh tidak sehat karena tanah yang asam di Poktan Karya Tani dan Bakti Tani Desa Barepan Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten.Jum'at ( 17/5/2019)

Budidaya tanaman padi tidak selamanya mulus, pasalnya dalam perkembangan masa produksi sering ditemui beberapa kendala yang dialami petani, terlebih di musim tanam kedua ini, tanah belum istirahat dari panenan pertama. Akibatnya ketika ditanami benih baru tumbuhnya tidak maksimal. Hal ini dikarenakan jerami sisa panen musim tanam pertama membutuhkan waktu dalam proses pembusukan.


Situasi ini menyebabkan akar tanaman tidak berkembang dengan baik yang memberi dampak pada pertumbuhan tanaman secara keseluruhan, tanaman yang kurang sehat akan mudah terserang hama penyakit, apabila situasi ini tidak diatasi dengan segera akan berdampak pada perolehan hasil panen.

Untuk membantu petani agar hasil produksi maksimal maka Babinsa Koramil 20 Cawas dan PPL melaksanakan penyuluhan dan pendampingan terhadap petani dalam pengendalian hama penyakit dan organisme pengganggu tanaman ( OPT )

Pengendalian hama tanaman padi dilakukan dengan penyemprotan secara serentak dilahan  yang dikelola oleh Poktani Karya Tani dan Poktan Bakti Tani di Desa Barepan dengan menggunakan 20 Handsprayer dan di Sponsori oleh Team PT Recovery.

Menurut Babinsa Koramil 20 Cawas Serma Saroni Penyemprotan tanaman padi secara massal ini dimaksudkan untuk mengendalikan, memberantas serta menyembuhkan tanaman padi yang tumbuh tidak sehat karena tanah yang asam dan dari serangan hama penyakit tanaman padi.


Selain di Barepan, kegiatan serupa juga berlangsung di lahan Desa Pakisan, juga mengadakan Penyemprotan Massal yang di lakukan oleh Poktan setempat, Terangnya.

Di tempat terpisah Danramil 20 Cawas Kapten Inf Ghofar Afrozi berharap dengan terjunnya PPL  dengan Pendampingan Babinsa mampu mengetahui dan mengidentifikasi  hambatan yang dihadapi petani sekaligus memberikan solusi sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang ada, ungkapnya.

Dengan permasalahan dan kondisi tanaman padi tersebut membutuhkan penangganan serius maka Babinsa dan PPL berkoordinasi dengan Poktan untuk segera mengatasi melalui penyemprotan harapannya pertumbuhan tanaman padi hingga panen tetap terjaga sehingga petani tidak merugi," pungkasnya.Dilan/Ym