Antisipasi Bencana Alam Kodim Klaten Gelar Gladi Posko 2019

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Antisipasi Bencana Alam Kodim Klaten Gelar Gladi Posko 2019

Rabu, 08 Mei 2019
Klaten | Antisipasi Bencana Alam Kodim Klaten Gelar Gladi Posko 2019

Komando Distrik Militer  0723/Klaten menggelar latihan Posko I tahun 2019, yang diberi tema "Kodim bersama seluruh komponen bangsa, membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan di wilayah dalam rangka Operasi Militer selain perang", Selasa (07/05).

Pelaksanaan Gladi Posko bertujuan untuk membuat satuan lebih siap dan bisa menganalisa dan mencarikan jalan terbaik untuk mengatasi suatu permasalahan diwilayahnya. Selama 3 hari tanggal 07 s/d 09 Mei  2019 melaksanakan gladi posko I sebagai upaya untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam.

Dalam Sambutan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rafael Granada Baay yang disampaikan Kasrem 074/Warastratama Letnan Kolonel Inf Rudi Purwanto S.M selaku Danlat Gladi Posko menyampaikan tentang berbagai langkah terkait penanggulangan bencana.

Dijelaskan Kasrem, Gladi Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan," jelasnya.

"gladi posko merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk persiapan satuan dalam menangani musibah bencana alam  diwilayahnya,Selain itu juga untuk menguji kemampuan dalam menjalankan koordinasi di tingkat Kodim, termasuk didalamya unsur Pemerintah Daerah dan Polri serta Instansi terkait dalam wadah BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dibidang pengawasan dan pengendalian sebagai mekanisme dalam mengantisipasi berbagai dinamika dan permasalahan bencana alam yang berkembang dalam masyarakat Wilayah Klaten dan Eks Karesidenan Surakarta Pada Umumnya.Tambah Kasrem.(Tony)