Koramil Tonjong Bantu Berantas Sarang Nyamuk

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Koramil Tonjong Bantu Berantas Sarang Nyamuk

Senin, 08 April 2019

BREBES – wartaekspres.com - Babinsa Tonjong Koramil 09/Tonjong, Kodim 0713/Brebes, Sertu Iskandar membantu pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan Dukuh Kauman, Desa Tonjong Brebes, Jumat (5/4/19).
Sertu Iskandar saat ditemui mengatakan, bahwa pemberantasan sarang nyamuk ini dilakukan menjelang musim penghujan dengan menguras tempat penampungan air, seperti bak mandi/WC, tempayan, ember, vas bunga dan tempat minum burung.
“Selain menguras, kita juga harus berusahan mengubur barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah yang dapat menampung air hujan dan juga menghindari tindakan memberantas jentik dan  gigitan nyamuk,” ucap Sertu Iskandar.
Pjs. Kepala Desa Tonjong mengatakan, bahwa kepada Ibu-ibu Pengurus PKK, Bidan Desa, Ibu-ibu Kader Lansia dan Ibu-ibu Kader Balita Desa yang ada di wilayah, untuk selalu mewaspadai adanya sarang nyamuk yang mengakibatkan adanya jentik nyamuk.
Maka untuk menghindari dilakukan pemberantasan melalui menguras tempat-tempat yang dapat menampung air, dengan langkah antara lain melakukan pemantauan jentik nyamuk di setiap rumah secara rutin dengan membersihkan saluran air jika tersumbat oleh sampah. “Karena setiap genangan air bis dimanfaatkan oleh nyamuk untuk berkembang biak,” katanya.
Pemberantasan sarang nyamuk diprakarsai Bidan Desa Anik dan Babinsa juga Pjs. Kades dan dibantu warga masyarakat sekitar 35 orang. (Utsm-0713)