Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Selasa, 30 April 2019

 

Klaten |  Tekat Babinsa Manisrenggo Wujudkan Swasembada Pangan Dengan Membantu Petani Membersihkan Gulma

 

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12 Manisrenggo Kodim 0723/klaten Serka  Widada langsung turun ke sawah membantu petani membersihkan gulma (hama tanaman) rumput bersama Wagiyo pemilik sawah, di Desa Nansri kecamatan Manisrenggo kabupaten Klaten , Senin (29/04/2019).

 


"Gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam setiap pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen," jelas Widada.

 

Lanjut Widada, gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya.

 


Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida, imbuhnya.

 


Dengan adanya kegiatan itu, tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal dan terwujudnya swa sembada pangan,pungkas Widada.(tony)